Mie Aceh Titi Bobrok, Kuliner Populer di Kota Medan
line page
detail blink

Mie Aceh Titi Bobrok, Kuliner Populer di Kota Medan

20 September 2022 | 07:00

Tidak hanya terkenal dengan wisatanya saja, Medan sudah terkenal dengan surganya para pecinta kuliner yang khas nan legendaris. Salah satunya adalah Mie Aceh Titi Bobrok. Mungkin Anda akan mudah menemukan sajian ini di berbagai sudut kota, tetapi Anda harus mencoba warung legendaris di Medan ini. Nama Titi Bobrok terinspirasi dari kondisi Titi atau jembatan di sebelah tempat berjualan Mie Aceh tersebut yang rusak dan bobrok. Walaupun kondisi jembatan tersebut sekarang sudah diperbaiki. 


Baca juga: 4 Tempat Makan dan Restoran Keluarga di Medan 




foto oleh @foodysm 



Mie Aceh Titi Bobrok menyediakan dua menu andalan yang patut Anda coba, yakni Mie Aceh Kepiting dan Mie Aceh Udang. Kedua menu tersebut menjadi menu yang selalu dipesan para wisatawan lokal hingga internasional. Harga menu yang ditawarkan juga relatif terjangkau. Harga menu di Mie Aceh Titi Bobrok mulai dari Rp 12 ribu sampai Rp 40 ribu saja. Satu porsi Mie Aceh Kepiting dibanderol dengan harga Rp 27 ribu saja. 


Jika Anda tertarik untuk datang, Anda dapat meluncur ke lokasi yang berada di Jalan Setia Budi, nomor 17D Kota Medan. MIe Aceh Titi Bobrok buka setiap hari dari pukul 11.00 sampai 23.00 WIB. Kecuali pada hari jumat, Mie Aceh Titi Bobrok buka pukul 14.00 WIB. 


Masih ada berbagai informasi menarik lainnya mengenai Mie Aceh Titi Bobrok ini, berikut adalah cerita menarik di balik mie aceh legendaris khas Medan ini. 

Mie Aceh Titi Bobrok yang Melegenda 

foto oleh @akbarizrahmad 



Mie Aceh Titi Bobrok merupakan usaha milik Alm. Bapak Fuadi Yusuf yang diteruskan oleh anaknya, Mirza. Warung ini sudah berdiri sejak tahun 1996 di kota Medan. Penyebutan nama Mie Aceh sendiri merupakan sebutan bagi masyarakat luar dari Aceh. 


Karena di Aceh sendiri, sajian ini disebut Mie Kuah, Mie Goreng, atau Mie dengan tambahan nama penilik. Hanya di luar wilayah Aceh saja yang menyebut sajian ini Mie aceh hanya karena mie tersebut dimasak oleh orang Aceh dan juga merupakan makanan khas Aceh. 


Selain itu, banyaknya orang Aceh yang tinggal di kota Medan banyak yang menjual Mie Kuah dan Mie Goreng menggunakan nama Mie Aceh sebagai sebutan menu di warung mereka. 


Tidak hanya terkenal akan sejarahnya saja, Mie Aceh Bobrok ini juga dijual dengan harga yang relatif terjangkau. Maka dari itu, banyak wisatawan yang sengaja datang dan memadati warung. Kepopulerannya ini juga sudah dikenal oleh wisatawan mancanegara, terkhusus wisatawan yang berasal dari Malaysia, Bangladesh, dan Singapura yang sudah jadi langganan. Kelezatan rasa yang masih sama seperti dulu juga membuat para pembeli rela untuk kembali lagi.

Mencicipi Kelezatan Mie Aceh Titi Bobrok

foto oleh @planinumeo.info 



Dua menu utama, akni Mie Aceh Kepiting dan Mie Aceh Udang menjadi sajian yang patut Anda coba. Komposisinya seperti mie kuning tebal dengan makanan laut seperti kepiting, udang dan cumi ataupun irisan daging sapi, dan daging kambing. 


Mie Aceh ditumis dengan memberikan rasa seperti kuah kari yang gurih dan pedas. Sajian ini tersedia dalam tiga jenis sesuai dengan metode memasaknya, yakni Mie Aceh yang digoreng kering, Mie Aceh Tumis basah dengan sedikit berkuah, dan Mie Aceh Kuah yang melimpah. 


Mie Aceh disajikan dengan taburan bawang goreng, daun sup, dan disajikan bersama emping, potongan bawang merah, mentimun, serta jeruk nipis. Tidak hanya makanan, Anda juga dapat mencicipi sajian khas yang ada di warung Mie Aceh Titi Bobrok bernama Lincah Mameh atau rujak serut. 


Itu dia informasi mengenai Mie Aceh Titi Bobrok khas Medan. Bagaimana Anda tertarik untuk mencobanya?

ARTIKEL TERKAIT

cart icon
whatsapp icon