Vihara Setia Budi, Vihara di Tengah Kota Medan yang Memiliki Banyak Sejarah
Vihara Setia Budi, Vihara di Tengah Kota Medan yang Memiliki Banyak Sejarah
line page
detail blink

Vihara Setia Budi, Vihara di Tengah Kota Medan yang Memiliki Banyak Sejarah

23 May 2023 | 07:00

Vihara Setia Budi, yang terletak di tengah kota Medan, Sumatera Utara, adalah salah satu tempat ibadah Buddha yang terkenal di kota tersebut. Vihara ini memiliki banyak sejarah dan nilai budaya yang sangat penting bagi masyarakat setempat. Dalam artikel ini, kita akan membahas sejarah dan nilai-nilai penting yang terkait dengan Vihara Setia Budi.


Sejarah Vihara Setia Budi

Vihara Setia Budi didirikan pada tahun 1940 oleh sekelompok pengusaha Tionghoa di Medan. Mereka ingin membangun sebuah tempat ibadah Buddha yang bisa digunakan oleh masyarakat Buddha di Medan dan sekitarnya. Pada awalnya, vihara ini bernama Vihara Dharma Bhakti, namun kemudian diubah menjadi Vihara Setia Budi.


Selama Perang Dunia II, vihara ini sempat menjadi tempat pengungsian bagi warga yang mengungsi dari daerah-daerah sekitar Medan yang terkena dampak perang. Setelah perang usai, vihara ini menjadi tempat berkumpul bagi masyarakat Buddha yang ingin beribadah dan mengadakan kegiatan sosial dan keagamaan.


Pada tahun 1986, Vihara Setia Budi mengalami renovasi besar-besaran dan dibangun beberapa bangunan baru untuk menampung kegiatan-kegiatan yang semakin berkembang di vihara tersebut. Hingga saat ini, Vihara Setia Budi masih menjadi tempat ibadah dan kegiatan keagamaan yang sangat penting bagi masyarakat Buddha di Medan dan sekitarnya.


Nilai-nilai Penting Vihara Setia Budi

Vihara Setia Budi memiliki nilai-nilai penting yang sangat dihargai oleh masyarakat setempat. Salah satu nilai penting tersebut adalah keberagaman. Di Vihara Setia Budi, masyarakat Buddha dari berbagai suku, agama, dan budaya dapat berkumpul dan beribadah bersama tanpa terjadi konflik. Hal ini menunjukkan bahwa keberagaman bisa menjadi sumber kekuatan dan persatuan.


Selain itu, Vihara Setia Budi juga mengajarkan nilai-nilai kebaikan dan kebijaksanaan kepada masyarakat setempat. Melalui kegiatan keagamaan dan sosial yang dilakukan di vihara tersebut, masyarakat diajarkan untuk menjadi orang yang lebih baik dan memberikan manfaat bagi lingkungan sekitar.


Vihara Setia Budi juga memiliki nilai-nilai historis yang sangat penting bagi masyarakat setempat. Sebagai salah satu tempat ibadah Buddha tertua di Medan, vihara ini menyimpan banyak cerita dan kenangan dari masa lalu. Hal ini membuat Vihara Setia Budi menjadi tempat yang sangat dihormati dan dijaga oleh masyarakat setempat.


Daya Tarik Berwisata ke Vihara Setia Budi

Vihara Setia Budi di Medan memiliki daya tarik tersendiri bagi pengunjung, antara lain:


  1. Arsitektur Megah

Vihara Setia Budi menawarkan arsitektur bangunan yang megah dan indah. Hal ini membuat vihara ini populer di kalangan wisatawan yang ingin menikmati keindahan dari bangunan bersejarah tersebut.


  1. Lingkungan yang Tenang

Vihara Setia Budi di Medan dikelilingi oleh taman yang menawarkan suasana yang tenang dan damai. Hal ini membuat pengunjung merasa nyaman dan rileks saat berada di sana.


  1. Keberadaan Taman Miniatur

Taman miniatur di Vihara Setia Budi menampilkan miniatur dari beberapa bangunan terkenal di Asia. Taman ini menarik minat wisatawan yang ingin melihat miniatur yang identik dengan budaya Asia.


  1. Kegiatan Perayaan Budaya

Setiap tahunnya, Vihara Setia Budi menyelenggarakan berbagai kegiatan dan acara budaya yang menarik. Acara-acara ini menampilkan kebudayaan Asia dan dihadiri oleh masyarakat yang beragam.


Rute Menuju Vihara Setia Budi

Berikut adalah rute menuju Vihara Setia Budi di Medan:


  • Dari pusat kota Medan, arahkan kendaraan Kamu ke arah timur ke jalan Gatot Subroto.

  • Ikuti jalan tersebut selama sekitar 2 km dan belok kiri ke Jalan Sisingamangaraja.

  • Lanjutkan perjalanan sekitar 2 km ke arah utara hingga mencapai persimpangan dengan Jalan Setia Budi.

  • Belok kanan ke Jalan Setia Budi dan teruskan perjalanan selama sekitar 1 km.

  • Kamu akan sampai di Vihara Setia Budi yang terletak di sebelah kanan jalan.


Alternatif lainnya jika Kamu menggunakan transportasi umum, Kamu dapat menaiki angkutan umum seperti becak atau taksi yang tersedia di kota Medan. Pastikan untuk menanyakan arah dan biaya kepada pengemudi sebelum naik.


Perjalanan dari pusat kota Medan ke Vihara Setia Budi diperkirakan memakan waktu sekitar 15-20 menit, tergantung dari kondisi lalu lintas dan waktu yang dipilih. Jangan lupa untuk membawa peta atau bantuan navigasi jika perlu.


Vihara Setia Budi adalah salah satu tempat ibadah Buddha yang terkenal di Medan. Vihara ini memiliki sejarah yang panjang dan banyak nilai budaya yang sangat penting bagi masyarakat setempat. Melalui kegiatan keagamaan dan sosial yang dilakukan di vihara tersebut, masyarakat diajarkan untuk menjadi orang yang lebih baik. 


Selain sebagai tempat ibadah, Vihara Setia Budi juga merupakan tempat yang cocok untuk relaksasi dan meditasi. Pengunjung dapat menikmati keindahan taman yang disediakan dan menikmati kesejukan udara segar serta kedamaian dalam Vihara.


Bahkan bagi mereka yang tidak beragama Buddha, mengunjungi Vihara Setia Budi dapat memberikan pengalaman yang tak terlupakan. Keindahan arsitektur dan keindahan lingkungan yang tersedia dapat memberikan ketenangan dan kedamaian bagi pengunjungnya.


Pada acara-acara tertentu, Vihara Setia Budi juga sering mengadakan kegiatan seperti perayaan hari raya atau upacara keagamaan. Pengunjung yang ingin mengenal lebih jauh tentang agama Buddha dan tradisi-tradisi yang ada, dapat datang pada saat-saat seperti itu.


Kunjungan ke Vihara Setia Budi di Medan dapat menjadi pengalaman yang menarik dan bermanfaat. Jangan lewatkan kesempatan untuk mengunjungi tempat ini dan mengalami kedamaian dan keindahan yang ditawarkan.


Setelah mengunjungi Vihara Setia Budi, tak lengkap rasanya bila pulang tak membawa oleh oleh. Bolu Stim Menara dapat menjadi pilihan yang tepat. Bolu stim menara memiliki ciri khas yang sangat unik, yakni teksturnya yang sangat lembut dan berpori-pori, sehingga ketika disantap akan terasa sangat lembut di lidah. Rasanya yang manis dan gurih juga membuat kue ini sangat cocok dijadikan sebagai camilan atau cemilan di waktu santai.


Kamu dapat dengan mudah menemukan Bolu Stim Menara di toko oleh oleh sekitar Vihara Setia Budi. Selain langsung datang ke toko, Kamu dapat juga menemukan kue ini secara online melalui marketplace tokopedia, shoppe ataupun CS order.

ARTIKEL TERKAIT

cart icon
whatsapp icon