Air Terjun Sipiso-Piso: Daya Tarik, Lokasi, dan Info Lainnya
line page
detail blink

Air Terjun Sipiso-Piso: Daya Tarik, Lokasi, dan Info Lainnya

16 September 2022 | 07:00

Wisata alam masih menjadi salah satu wisata terfavorit di tengah perkembangan zaman yang makin modern. Menjelajah alam memberikan kedamaian tersendiri, terutama jika Anda ingin melepaskan penat dari kesibukan yang padat.


Baca juga: 9 Rekomendasi Hotel di Medan 


Tidak terkecuali jika Anda sedang berkunjung ke Sumatera Utara. Air terjun Sipiso-Piso adalah salah satu destinasi wisata alam yang populer di area tersebut. Belum lagi lokasinya dengan Danau Toba sehingga cukup mudah dijangkau.

Sejarah Air Terjun Sipiso-Piso

Foto oleh @saputrahendra14

Air terjun Sipiso-Piso adalah objek wisata alam yang terbentuk secara alami. Karena masih satu kawasan dengan Danau Toba, maka sejarah terbentuknya air terjun ini pun tidak jauh-jauh dari legenda danau tersebut.

Konon air terjun Sipiso-Piso terbentuk akibat runtuhnya dinding kaldera yang memotong alur aliran sungai. Nama Sipiso-Piso diambil dari nama gunung yang berada di timur laut air terjun, yaitu Dolok Sipiso-Piso. Dalam bahasa Batak, Sipiso-Piso berarti pisau. Nama ini sesuai dengan megahnya air terjun yang mengalir deras ke bawah hingga mirip pisau yang menyayat udara.

Daya Tarik Air Terjun Sipiso-Piso

Foto oleh @albiruny_09

Kemegahan air terjun Sipiso-Piso yang jatuh dari ketinggian 133 meter menjadi pemandangan luar biasa yang banyak dicari oleh para wisatawan. Meskipun dari dataran yang sangat tinggi, air terjun ini mampu membentuk garis vertikal sempurna. 

Uniknya lagi, aliran air terjun ini berasal dari sungai bawah tanah bernama Sungai Pajanabolon yang keluar dari gua di kawah Danau Toba. Dari gua tersebut, aliran air langsung jatuh menciptakan air terjun yang sangat mempesona ini.

Area sekitar air terjun Sipiso-Piso juga tidak kalah mengagumkan. Karena derasnya aliran air, maka udara menjadi begitu sejuk, ditambah dengan hijaunya pemandangan bukit dan hutan di dekat air terjun. Di sekeliling air terjun banyak ditumbuhi pohon-pohon pinus tinggi, menghasilkan udara yang bersih untuk dihirup.

Jika Anda ingin menepi sejenak dari kebisingan kota Medan dan padatnya aktivitas di sana, air terjun ini akan memberikan sensasi healing tersendiri buat Anda.

Lokasi dan Rute Menuju Air Terjun Sipiso-Piso

Foto oleh @chelvinhuang

  • Alamat: Pengambaten, Merek, Karo Regency, North Sumatra 22173.

Menemukan Air Terjun Sipiso-Piso tidaklah sulit meskipun lokasinya cukup jauh dari pusat kota Medan, karena air terjun ini dekat dengan Danau Toba yang jadi salah satu objek wisata terpopuler di Sumatera Utara. Waktu tempuh yang dibutuhkan sekitar 4 jam dengan perjalanan darat. 

Namun Anda tidak akan bisa berhenti langsung di lokasi air terjun. Ada trek yang harus dilalui agar Anda bisa sampai di air terjun Sipiso-Piso. Rutenya cukup menantang, cocok dengan jiwa-jiwa yang suka berpetualang.

Anda harus mendaki bukit terlebih dahulu, kemudian menuruni anak tangga yang sudah disediakan agar bisa sampai ke dasar air terjun. Lamanya waktu yang diperlukan untuk trekking hingga sampai ke air terjun sekitar 1 jam. Oleh karena itu, jangan lupa membawa bekal untuk disantap di tengah perjalanan ya!

Sembari Anda melewati rute yang menantang, Anda akan disuguhi pemandangan alam yang sangat indah dan layak diabadikan. Setelah puas bermain di area air terjun, Anda kembali harus menaiki tangga untuk keluar dari sana.

Harga Tiket Masuk dan Fasilitas

Sebagai objek wisata alam terbuka, air terjun Sipiso-Piso buka setiap hari selama 24 jam. Namun waktu terbaik untuk mengunjungi air terjun ini tentunya adalah di pagi hingga siang hari. Di malam hari tidak ada penerangan, sehingga pengunjung tidak disarankan untuk datang.

Air terjun Sipiso-Piso juga menyediakan fasilitas yang cukup lengkap demi kenyamanan para pengunjungnya. Antara lain seperti area parkir luas, spot untuk berfoto, toilet, rumah makan, hingga toko souvenir.


ARTIKEL TERKAIT

cart icon
whatsapp icon